Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Tuesday, December 15th 2015. | Kesehatan

Cara mengatasi mual saat hamil menjadi penting agar aktifitas dan kesehatan kita tidak terganggu. Masa kehamilan tentu saja menjadi masa yang menyenangkan bagi orang tua, khususnya seorang ibu. Terlebih lagi apabila pada masa kehamilan anak yang pertama. Pada masa kehamilan umumnya akan mengalami gejala mual dan muntah-muntah, sering disebut juga morning sickness hal ini tentu cukup membuat kaget bagi yang baru mengalami masa kehamilan untuk pertama kali. Tidak sedikit yang ingin tahu cara mengatasi mual saat hamil yang ampuh. Kali ini wanita.or.id akan membahasnya.

Mual Mual Saat Hamil

A. Penyebab Mual Saat Hamil

Pertama sebelum kita mengulas cara mengatasi mual saat hamil, kita perlu mengetahui penyebab-penyebab kenapa di masa kehamilan sering mengalami mual dan muntah.

Faktor psikologis.
Biasanya disebabkan faktor psikologis yang tertekan, bisa karena yang bersangkutan belum siap untuk hamil, masa kehamilan yang pertama, atau bahkan ada yang belum ingin hamil. Hal-hal ini tentu saja akan membuat wanita hamil secara psikologis tertekan dan dapat mengakibatkan mual dan muntah.

Hormon HCG atau Human Chorionic Gonodotrophin.
Fungsi penting HCG adalah mempertahankan produksi Progesteron Corpus Luteum sampai plasenta dapat berperan penuh. Adanya produksi hormon HCG ini memberikan kondisi mual dan bisa sampai muntah pada ibu hamil di masa awal kehamilan sekitar 6-8 minggu.

Peningkatan hormon lainnya salah satunya estrogen.
Hormon esterogen mempunyai fungsi penting pada saat kehamilan salah satunya membantu aliran darah ke dari pembuluh darah baru ke janin, meningkatkan jumlah sel darah putih sehingga semakin meningkatkan sistem ketahanan tubuh dan imunitas ibu dan janinnya, dan membantu mempertebal dinding rahim. Dengan peningkatan hormon ini akan memberikan pengaruh salah satunya meningkatnya kadar asam lambung dalam tubuh, sehingga di saat perut kosong dan pagi hari akan menimbulkan rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

Semakin membesarnya kandungan.
Semakin membesarnya kandungan akan membuat organ dan saluran cerna sedikit tertekan, pada kondisi ini bisa menyebabkan tidak nyaman pada bagian pencernaan dan terjadi kenaikan berat badan yang dapat memicu produksi asam lambung berlebih.

Penyakit lambung yang sudah dialami sebelumnya.
Hal ini juga bisa menjadi dasar kita untuk cara mengatasi mual saat hamil dengan secara rutin melakukan general check up, agar menjaga kesehatan tubuh selalu dalam kondisi prima termasuk pada masa kehamilan.

B. Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Setelah kita tahu penyebab timbulnya mual dan muntah pada saat hamil, sekarang kita bahas cara mengatasi mual saat hamil :

a. Membentuk mindset yang benar mengenai karunia anak dari Allah SWT adalah anugerah yang besar. Tidak semua pasangan diberikan keturunan maupun cepat diberikan keturunan. Kita harus lebih bersyukur dan menjaganya sebaik-baiknya, mempersiapkan secara fisik, mental dan pengetahuan yang dibutuhkan pada masa kehamilan dan pasca kelahiran sehingga tekanan psikologis pada masa kehamilan dapat berkurang dan dihilangkan.

b. Mencegah naiknya asam lambung dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat mencegah naiknya asam lambung. Seperti buah-buahan : mangga, pisang, semangka, dan mentimun. Minuman seperti jahe, kelapa muda, susu, dan teh chamomile. Dan yang terpenting konsumsi air putih secara cukup, sebab dehidrasi juga dapat memicu produksi asam lambung berlebih.

c. Hindari bau yang menyengat yang dapat mengakibatkan mual, seperti bau keringat di keramaian, bahan bakar bensin dan solar, sampah maupun kotoran, termasuk bau makanan yang dapat menusuk indra penciuman dapat menimbulkan mual.

d. Lakukan olahraga kehamilan sesuai anjuran dokter.
Dengan rutin berolahraga akan membuat otot tubuh lebih lentur dan tidak tegang, sehingga tubuh akan tetap bisa relaks walaupun adanya penambahan berat badan.

e. Cek rutin kehamilan dan segera periksakan apabila gejala mual dan muntah sudah mulai mengganggu kesehatan ibu hamil sehingga apabila ada penyebab yang belum teridentifikasi maupun pada saat mual dan muntah pada ibu hamil tergolong membahayakan dapat segera ditangani

Keterangan diatas adalah cara mengatasi mual saat hamil dengan berdasarkan penyebab timbulnya mual dan muntah tersebut. Pembaca wanita.or.id, hamil muda mulai sering mual tidak perlu kuatir lagi bisa mencoba cara-cara diatas namun jangan lupa konsultasikan juga pada dokter kandungan anda ya.