Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Monday, December 7th 2015. | Kesehatan
Di masa kehamilan menjaga makanan dan asupan nutrisi sangat penting untuk kesehatan ibu dan kesehatan bayi. Salah satunya kombinasi makanan dengan cara mengkonsumsi buah yang bagus untuk ibu hamil. Beberapa pakar kesehatan juga menyarankan agar wanita hamil mengkonsumsi minimal 2 cangkir mangkok buah setiap harinya selama mas a kehamilan.
buah-untuk-ibu-hamil
Ada beberapa jenis buah yang bagus untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi, akan dikelompokan berdasarkan kandungan yang terdapat pada buah tersebut :
1. Pertama, buah dengan kandungan vitamin C.
Kandungan Vitamin C, Membantu menjaga kesehatan gusi, gigi, dan tulang serta meningkatkan imunitas dan kekuatan tubuh. Disamping itu mengkonsumsi cukup vitamin ini dapat membantu tubuh menyerap zat besi, yang mana merupakan sumber mineral selama kehamilan. Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C adalah buah jeruk, lemon, jeruk nipis, melon, sunkist, strawberry, dan buah kiwi.
2. Kedua, buah-buahan yang mengandung potassium.
kenapa potassium ? Apa manfaatnya untuk kandungan pada ibu hamil ? wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium juga diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah kram selama masa kehamilan, yang sering kali dirasakan ibu hamil seiring bertambah besarnya kandungan sehingga membuat pembuluh darah balik yang berada di pangkal panggul merasa tertekan sehingga menyumbat peredaran darah ke kaki.
Hal tersebut menyebabkan sirkulasi darah ke kami terhambat dan dapat menyebabkan terjadinya kram kaki atau kesemutan pada ibu hamil. Mengkonsumsi buah yang bagus untuk ibu hamil yang mengandung potassium dapat membantu mengurangi gangguan kram tersebut, beberapa buah yang bisa menjadi pilihan pisang, buah kiwi, buah ceri, peach, semangka, dan anggur.
3. Ketiga, Buah-buahan yang berserat.
Tidak jarang ibu hamil mengalami konstipasi selama masa kehamilannya. Dimana konstipasi adalah kondisi tidak bisa buang air besar secara teratur atau tidak bisa sama sekali. Tentu saja akan mengakibatkan perasaan tertekan dan tidak nyaman untuk ibu hamil. Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya serat tinggi dapat mengurangi resiko konstipasi, selain dengan melakukan olahraga kehamilan. Buah pear dan apel adalah pilihan buah kaya serat merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil. Dan yang perlu menjadi catatan adalah jangan lupa banyak minum air putih yang cukup saat mengkonsumsi buah kaya serat.
4. Keempat, Buah-buahan yang mengandung Asam Folat,
Buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah yang mengandung asam folat. Asam folat sering disebut salah satu kandungan yang harus ada pada makanan bergizi untuk ibu hamil. Beberapa penelitian menemukan hasil bahwa wanita yang mengkonsumsi cukup asam folat setiap harinya dapat membantu mencegah cacat lahir utama dari otak bayi dan sumsum tulang belakang dan merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi minimal 400 micrograms setiap harinya. Buah jeruk, nanas, alpokat dan pepaya merupakan buah yang mengandung asam folat.
Tidak perlu khawatir buah-buahan yang disebutkan diatas mudah didapat dan terjangkau. Dapat dikonsumsi secara segar, dalam kaleng, dikeringkan atau olahan beku maupun dikonsumsi dengan cara dijus buah secara murni. Nah, itulah penjelasan mengenai kandungan dan manfaat sumber nutrisi pada buah yang bagus untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat bagi para pembaca wanita.or.id